19/01/2017

Memancing minat baca melalui giveaway buku

Beberapa waktu yang lalu saya mengunjungi akun Goodreads untuk menjelajahi beberapa ‘tabs’ yang tidak pernah saya kunjungi meskipun saya telah lama mempunyai akun di sana. Selama ini website tersebut hanya saya gunakan untuk mencari review beberapa buku yang akan saya beli dan menuliskan segelintir review dari buku yang pernah saya baca. Ternyata, saya menemukan bagian menu ‘Giveaway’ di pilihan menu Goodreads. Sebagian besar giveaway melibatkan banyak penulis mancanegara dan beberapa penulis dalam negeri. Ada pula informasi giveaway yang selalu diupdate oleh para member Goodreads Indonesia.

sumber: klik disini


Kemudian saya menjelajah ke grup Goodreads Indonesia dan menemukan beragam topik disana. Salah satu topik yang cukup menggelitik adalah mengenai rendahnya minat membaca masyarakat Indonesia. Disertai pendapat yang didasarkan lembaga penelitian dunia tertentu, sang pencetus topik begitu mudah memancing banyak komentator yang tidak setuju dengan adanya pendapat ini. Memang, diperlukan penelitian yang mendetil untuk urusan minat membaca ini. Karena membaca tak harus jenis cetak, maka bacaan jenis digital pun sudah menjadi bahan yang biasa dikonsumsi akhir-akhr ini. Meskpun demikian, saya tidak menutup mata bila sebagian pendapat para komentator menyatakan bahwa salah satu kemungkinan penyebab kurangnya minat membaca adalah harga buku cetak (atau digital) yang tergolong mahal. Kita perlu menabung terlebih dahulu untuk membeli sebuah buku. Jikalau tidak lewat jalan membeli, kita pun bisa mengunjungi perpustakaan daerah atau meminjam rekan-rekan yang telah membeli buku tersebut. Namun kondisi tiap orang dan tiap daerah tentu tidak akan sama bukan?

Nah, kini sudah saatnya kita membuka lebar-lebar peluang kita memperoleh bacaan dalam memanfaatkan internet. Di era digital ini, kita bisa terhubung dengan rekan sebangsa dan bahkan sedunia. Kita bisa mengakses situs-situs tertentu untuk mendownload cerita atau bacaan, mengirimkan permohonan buku atau majalah gratis dari yayasan atau perusahaan yang menawarkan bacaan gratis*, dan bahkan memaksimalkan penggunaan media sosial yang ada untuk mengikuti giveaway buku. FYI, beberapa penerbit buku, penulis, dan blogger buku sering mengadakan kerjasama dalam rangka mengadakan event giveaway buku**). Bahkan ada satu blog yang mengadakan event giveaway buku dengan dana yang diperoleh dari komunitas mereka sendiri***).

Jadi, teruntuk siapa saja dan sedang berada dimana saja. Jangan pernah berputus asa untuk mendapatkan bahan bacaan. Meskipun event giveaway selalu membawa peluang ketidakpastian, kita tidak akan pernah tahu kapan jawaban kita akan sesuai dengan keinginan penyelenggara. Bila berhasil mendapatkan hadiah bukunya, semoga selalu termotivasi untuk membaca. Namun jika memang masih belum berhasil untuk memenagkan giveaway, kita pun juga tetap melibatkan kegiatan ‘membaca’ saat para blogger menuliskan ‘blurb’ atau pendapatnya mengenai buku tertentu. Oh, jangan lupa… kita juga bisa mendapat info-info bantuan buku dari penerbit tertentu untuk sekolah-sekolah atau rumah baca. Tentu saja setelah kita ‘memfollow’ akun-akun para penerbit di sosial media sosial. Semoga acara-acara giveaway ini mampu menyemai harapan dalam memperoleh bacaan secara gratis, sekaligus memancing minat baca para pembaca di seluruh Indonesia.

Keterangan tanda:
*) Klik tulisan saya yang lain (1) dan (2)
***) Podjokringin

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)