01/03/2017

Buku dan Instagram

Lebih dari tiga bulan saya mempunyai akun instagram. Akun yang awalnya saya tujukan untuk mengikuti perjalanan salah satu penerbit dan panitia penyelenggara event Big Bad Wolf Surabaya. Penerbit yang saya ikuti, sering mengadakan event buku murah dari satu kota ke kota lain. Lumayan, saya bisa menjadikan kabar tentang buku murah sebagai info di grup WA. Apalagi teman-teman saya tersebut tinggal tersebar di provinsi Jawa Timur. Cukup membantu teman-teman saya untuk bergegas dan mencatat kapan buku murah akan hadir di kota mereka. Namun, saya kemudian menyadari bahwa para penerbit, book blogger, bookstagrammer, dan bahkan online shop yang menjual buku pun beredar di sosmed ini. Tidak jarang juga mereka sering berpromosi mengenai buku tertentu dengan harga lebih rendah dari harga di toko buku. Bahkan hampir setiap beberapa hari sekali, para penerbit, book blogger dan bookstagrammer mengadakan kegiatan berbagi buku bacaan secara cuma-cuma. Apa saja kegiatan yang mereka adakan?


#giveaway

Yup!!! Giveaway juga hadir di instagram. Jenis buku yang menjadi bahan #giveaway tergantung pada penyelenggara yang mengadakan event. Sebagian besar buku yang menjadi bahan giveaway adalah novel baru, novel koleksi pribadi, buku motivasi, dan buku cerita anak-anak. Tidak hanya novel dan buku berbahasa Indonesia, novel berbahasa Inggris dari luar negeri juga ada kalau teman-teman mau mencoba mengikuti international giveaway. Syarat yang diadakan penyelenggara beragam. Mulai dari yang sederhana seperti: me-repost foto pengumuman giveaway disertai tagar (hastag) kata-kata tertentu, menjawab pertanyaan yang kemudian disematkan pada caption foto hasil repost, berkomentar pada foto tertentu, me-like sejumlah foto, sampai berkreasi dengan sesuatu sesuai permintaan penyelenggara.

sumber
Mau ikutan mencoba mengeksplore akun-akun penyelenggara giveaway? Bisa coba hastag berikut:

#bookgiveaway 
#booksgiveaway 
#booksgiveaways #bookgiveaways #novelgiveaway  #giveawaybuku  #giveawaynovel  #bukugratis  ….dan beragam kemungkinan lainnya :D

Perlu diingat, teman-teman perlu memperhatikan syarat dan kondisi yang berlaku. Terlebih bila mengikuti #giveaway dari akun bookstagrammer luar negeri. Mereka kadang membatasi peserta berdasarkan negara tertentu saja, usia, dan bahkan kadang hanya diperuntukkan bagi para bookstragrammer saja. Cobalah memilih yang sesuai dengan keadaan teman-teman saja ya :)

Nah kalau ditanya apakah saya pernah ikutan? Maka jawabannya adalah iya pernah. Satu kali saya mendapat novel dari undian, dan satu kali saya dapat dari menjawab pertanyaan dari penulis. (Alhamdulillah). Mau ikutan? Coba saja ya... :)

#photobookchallenge

Beberapa waktu yang lalu, Portal PNFI (Penggemar Novel Fantasi Indonesia) mengadakan photo book challenge di instagram. Selama sebulan penuh, admin PNFI menantang para bookstagrammer atau siapa saja yang ingin berpartisipasi untuk memposting foto-foto buku terkeren mereka sesuai tema yang ditentukan. Tentu saja akan ada reward yang diperoleh. Hasilnya, wow… banyak orang yang saya follow berperan serta dalam acara ini. Setiap saya membuka instagram, pasti ada tampilan buku-buku yang tertata rapi dan cantik. 

Bentuk tantangan serupa yang memerlukan ‘kesabaran’ untuk mengutak-atik foto adalah photo quotes challenge. Para host acara akan memberikan beberapa penggalan-penggalan kalimat terpilih dari buku yang menjadi rujukan. Kemudian siapa saja yang ingin ikut, bisa memposting karya mereka disertai hastag yang telah ditentukan. Sebenarnya, tidak hanya di instagram saja #photoquotechallenge berlangsung, para host yang merupakan book blogger juga sering mengadakan di twitter. Hanya saja, mungkin saya baru tahu akan adanya acara-acara seperti ini. Terlambat lebih baik daripada tidak tahu sama sekali kan? Hehehe…

Nah untuk acara yang diselengarakan Portal PNFI ini saya tidak ikutan. :D

Teman #Bacabuku

Acara lain yang berkaitan dengan buku dan berhadiah buku adalah 'Teman Baca Buku'. Seorang host akan memilih beberapa teman #bacabuku novel tertentu selama beberapa hari. Host tersebut akan mengumumkan bahwa ia mencari beberapa orang yang bersedia memposting progress membacanya selama beberapa hari tertentu, biasanya sih enam hari.  Syarat yang diberikan pada calon peserta adalah menjawab pertanyaan tertentu, yang jawabannya dijadikan caption foto pengumuman yang telah di-repost. Nah, buat teman-teman yang suka memotret buku-buku disertai berkomentar tentang buku yang dibaca... boleh nih mencoba acara ini. Ada satu host yang sering posting pengumuman pencarian teman baca buku, yaitu @atriasartika. Penasaran? 

sumber


#bookcrossingID

Untuk event ini... peserta tidak mendapatkan hadiah buku, tapi ‘kesempatan’ untuk membaca buku dari pihak penyelenggara dalam jangka waktu tertentu. Kegiatan ini untuk menjangkau semua calon pembaca buku terpercaya di Indonesia tanpa membeli buku. Bila buku tersebut telah diselesaikan oleh pembaca pertama, maka pembaca ini berkewajiban mengirim buku itu kepada calon pembaca kedua dan seterusnya. Sayangnya, saya tidak tahu sampai orang keberapa buku itu kembali kepada penyelenggara acara. Saya yakin buku yang berpindah tangan tidaklah sama bagusnya dengan buku yang hanya dipegang oleh satu orang saja. Adakalanya, buku tersebut terancam tak terawat atau lecek pada tangan ke sekian. Namun harapan saya, mudah-mudahan para pembaca buku tersebut mampu menjaga kebersihan dan keutuhan lembaran-lembaran yang ada. Lebih lengkapnya, kunjungi akun @moccobukku saja ya. ^^

sumber


Lalu adakah kegiatan lain yang dilakukan bookstagrammer selain kegiatan di atas? Jangan ragu untuk berkomentar ya... Saya yakin lebih banyak orang yang lebih paham kegiatan seperti ini dibandingkan dengan hasil pengamatan saya yang hanya sekitar tiga bulan saja. Bila ada temuan lain, akan saya tambahkan di kemudian hari :D

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)