04/05/2017

Beberapa buku Pop di bidang Matematika

Sebenarnya, saya tidak tahu banyak tentang jenis genre buku. Seringkali saya sekedar melabeli buku hanya dari apakah buku tersebut fiksi atau bukan. Kemudian saya menyadari bahwa tidak selalu buku-buku nonfiksi itu mempunyai 'rasa' yang sama. Buku-buku yang kemudian saya ketahui, dapat dikategorikan sebagai buku ilmu pengetahuan populer. Buku jenis ini masih mengedepankan fakta dan bersifat ilmiah, tetapi menggunakan bahasa yang lebih mudah dimengerti bagi semua kalangan. Hingga akhirnya, tidak hanya calon pembaca yang memiliki latar belakang pengetahuan tertentu saja yang bisa 'mengonsumsi' buku ini, hampir semua jenis kalangan diharapkan mampu memahami apa yang disajikan dalam buku jenis ini.

Nah, beberapa waktu lalu saya merasa telah menemukan buku jenis ini. Rasanya seperti menemukan air di tengah padang pasir. Iya, seringkali matematika langsung dikaitkan dengan buku teks matematika yang penuh dengan angka-angka. Tidak salah kalau matematika identik dengan kata membosankan dan cukup dipelajari saat bangku sekolah saja. Padahal, menjadi orang dewasa dan lepas dari bangku sekolah tidaklah membatasi seseorang untuk terus belajar ilmu-ilmu tertentu. Apalagi di sekeliling kita masih memerlukan ilmu yang satu ini.

Kenyataannya, walau sudah hampir satu dekade, saya merasa mengaitkan hampir semua konsep pelajaran matematika ke dalam kehidupan nyata tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Para pengajar di universitas juga selalu mendorong mahasiswa untuk mencari penerapan ilmu ini dikaitkan dengan kehidupan siswa. Tentu saja, semakin tinggi konsep yang ingin diajarkan, calon guru perlu menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai aplikasi yang memungkinkan dari konsep tersebut. Bahkan ketika mengajarpun, guru-guru perlu memperbarui pengetahuannya agar tidak ketinggalan jaman dan mampu memperkaya motivasi eksternal para peserta didiknya. Nah, disinilah saya merasa terbantu sekali apabila ada buku matematika yang masuk dalam jenis penulisan ilmu populer. Buku yang ditulis orang-orang yang lebih dulu menemukan penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari, atau bahkan ditulis oleh para ahli matematika di bidang terapan. 


1. Menggenggam Mutiara dalam Angka

Angka tidak hanya muncul dalam buku matematika saja. Banyak hal yang berkaitan dengan angka tampak luput tak terperhatikan oleh kita dan tentu saja telah digunakan dalam keseharian. Mulai dari angka yang dapat membantu kita mengetahui waktu dari jam tangan, angka yang kita baca dalam struk harga belanjaan, dan bahkan angka yang tertera di belakang kaos pemain sepak bola, semua memiliki makna tertentu dibaliknya. Ingin tahu banyak mitos seputar angka yan ada di sekitar kita? Buku Menggenggam mutiara dalam Angka ini bisa dijadikan pilihan sebagai salah satu bacaan ringan. Pun jika ingin mengetahui kebenaran cerita yang disampaikan di dalam buku ini, kita bisa bertolak dari sana untuk mengeksplore sejarah matematika lebih jauh pada sumber yang lebih lanjut.  

Buku ini saya dapatkan saat mengunjungi bazar buku di perpustakaan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS). Saat itu saya sedang menghadiri wisuda adik saya. Berhubung tidak diperkenankan masuk karena keterbatasan kuota tempat duduk dalam gedung, saya dan ayah saya 'melipir' mencari hiburan di gedung-gedung lainnya :D. Lalu saya melihat gedung perpustakaan ini rupanya dibuka untuk umum karena ada wisuda dan bazar. Jadilah saya melihat-lihat buku yang dijual murah meriah ini dan tentu saja saya berminat untuk membelinya. Mungkin sejak saat itu, saya menjadi lebih berharap menemukan lebih banyak lagi buku ilmu populer di bidang matematika - yang nantinya saya akan sebut sebagai buku Pop -  ini beredar di pasaran. 

2. Tuhan Pasti Ahli Matematika

Sumber
“Riset matematika? Apa ada yang baru dari matematika? Bukankah 1+1=2 selamanya? “ (hal.2)
Review lengkap klik di sini

Nah satu buku lagi berhasil saya temukan di salah satu toko online dengan harga yang terjangkau karena melebihi tahun produksinya. Buku ini rilis setahun setelah buku yang saya tuliskan di awal. Hanya saja.. karena saya baru 'ngeh' keberadaan buku ini ketika berselancar di toko buku online tersebut, saya baru menemukannya tahun ini. Tidak apa-apa, saya suka buku ini. Meskipun menggunakan judul ala-ala penulis kontroversial itu (menggunakan kata 'Tuhan'), isinya tidak sampai melibatkan hal-hal yang membuat pusing kepala. Tetap ringan dengan gaya pop tapi tidak meninggalkan kesan dangkal. Cocok untuk dibaca siapa saja, terlebih para praktisi pendidikan matematika :)

Sementara, masih dua buku matematika jenis ilmu pengetahuan populer yang bisa membuat konsep semakin nyata dalam kehidupan sehari-hari. Kalau saya menemukan lagi, insya Allah akan saya tulis di blog ini. :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)