20/12/2017

Apa manfaat menulis?

Semakin ke sini, seringkali saya merasa ragu untuk memosting tulisan dalam blog ini. Padahal blog ini ‘punya’ saya sendiri, tapi entah kenapa saya agak merasa ‘eman’ kalau sekedar menuliskan ‘curcol’ kehidupan sehari-hari tanpa arti. Rasanya kurang bermakna bila isi yang ada kurang membantu banyak orang yang tidak sengaja terdampar di blog ini.

Beberapa rekan blogger telah ‘mengupgrade’ konten blog mereka dari cerita kehidupan sehari-hari menjadi hal-hal yang menjual. Alhasil, tulisan yang ditampilkan dalam blog mereka pun sarat informasi tentang produk tertentu. Ada hal yang ‘mencerahkan’ bagi pembaca tertentu, sekaligus mampu memberikan penghasilan bagi para penulisnya. Contoh lainnya lagi, ada teman yang memutuskan untuk memisahkan blog pribadi dengan sesuatu – yang menurutnya, hal yang lebih serius – dalam dua blog yang berbeda. Yang akhirnya membuat saya bertanya pada diri sendiri “Apakah saya tertarik mengikuti jejak salah satu dari kedua golongan yang ada?” Seketika saya menjawab, “Sepertinya belum.”

Kalau menurut Pak Mukhlas menulis itu mampu menata nalar1 , perlu diketahui juga bahwa ada yang menyebutkan kalau menulis juga mampu menyehatkan2. Apapun itu, bulan ini … saya ingin memanfaatkan satu peran menulis (yang menurut saya) cukup membantu saya akan hal-hal yang nyaris terlupakan. Rencananya, akan ada beberapa tulisan bertema “throwback” yang akan diposting setelah tulisan ini kapan-kapan. Semoga, masih ada manfaat yang bisa diambil pembaca dari tulisan-tulisan itu.

Keterangan tanda:

  1. http://muchlassamani.blogspot.co.id/2013/12/menulis-itu-menata-nalar.html
  2. Quantum Writing: cara cepat nan bermanfaat untuk merangsang munculnya potensi menulis oleh Hernowo. Penerbit Kaifa. 2015. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)